|

Sunday, November 20, 2011

Game Rute Flash


1.      Buka Halaman Flash baru.
2.      Buat sebuah objek Rectangle (buat kotak kecil) kemudian Convert to Symbol dengan name : ktk, type : Movie Clip, dan Registration : Ditengah. Kemudian di bagian properties isikan instance namenya : ktk.
3.      Kemudian Buat sebuah objek Garis (tidak usah terlalu panjang) kemudian Convert t Symbol dengan name : grs1, type : Movie Cli, dan Registration : Ditengah. Kemudian di bagian properties isikan Instance namenya : grs1.
4.      Klik Text Tool dengan jenis Dynamic Text, kemudian buat sebuah kotak. Pada bagian properties isikan nama Var : note.
5.      Klik pada Frame 1 Layer 1, ketikan source code berikut :
Lolos=0; Gagal=0; ktk.onDragOver = function() { //jika movie clip ini menabrak kotak_besar if (this.hitTest(grs1)){ //tampilkan tulisan menabrak pada variable note note = "Menabrak"; gagal=gagal+1; this.stopDrag(); } else { //tampilkan tulisan tidak menabrak pada variable note note = "Tidak Menabrak"; lolos=lolos+1; } }; //ketika movie clip kotak_kecil ditekan ktk.onPress = function() { //movie clip ini dapat didrag this.startDrag(); }; //ketka tekanan pada movie clip kotak_kecil dilepaskan ktk.onRelease = function() { //movie clip ini tidak bisa didrag this.stopDrag(); };

6.      Tekan Ctrl + Enter untuk melihat hasil. Gerakkan kotak menyentuk Garis, jika menyentuh akan muncul note : “Menabrak”, jika tidak note = “Tidak Menabrak”.
7.      Sekarang klik kembali Text Tool dengan type Static Text, kemudian buat Tulisan Lolos : dan Gagal : di kiri dan kanan halaman.
8.      Aktifkan kembali Text Tool dengan type Dynamic Text, kemudian buat 2 kotak. Kotak pertama pada bagian properties isikan Var : lolos dan Pada kotak kedua isi Var : gagal.



9.      Tekan Ctrl + Enter untuk melihat hasil.

Selamat Mencoba .... Terimakasih sudah mampir...

0 comments :

Post a Comment

Berkomentarlah yang bijak.


Join Group Facebook